Home » Gadget » Review: Acer Liquid Jade, Smartphone Tipis dengan Prosesor Quad Core

Review: Acer Liquid Jade, Smartphone Tipis dengan Prosesor Quad Core

Featured

Tersedianya beragam handset Android dipasaran membuat pengguna kian mudah bila ingin mencari smartphone yang pas untuk kebutuhannya. Selain fitur yang ditawarkan, pengguna juga kerap menjadikan model dan desain bodi yang cantik sebagai pertimbangan sebelum membeli ponsel.

Baca juga:
Acer Mengumumkan Smartphone Liquid dan Piranti Sandang Terbaru
Acer Perkenalkan Liquid Leap

Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, Acer menghadirkan Liquid Jade yang merupakan smartphone tipis dengan bekal prosesor quad core didalamnya. Dengan bodi plastik yang ringan, ramping dan juga tipis, pengguna dapat mengoperasikan ponsel ini hanya dengan menggunakan satu tangan. Tak sabar ingin memilikinya? Simak dulu ulasan lengkapnya:

Desain

Dimensi: 140.5 x 69 x 7.5, 110 gram; port audio 3.5 mm; tombol power/lock, pengatur volume suara, speaker; lubang mic; port microUSB, Dual Nano SIM slot

Liquid Jade yang masuk meja review PULSA hadir dalam balutan plastik berwarna hitam di sekujur bodinya. Dengan lapisan glossy, serta bodi setipis 7.5mm membuatnya terasa nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Sayangnya bodi tipis yang dibawa ternyata harus mengorbankan kapasitas baterai serta modul kamera belakang yang terlihat begitu menonjol.

Dibawah layar Liquid Jade terdapat tiga tombol sentuh home, back dan task switcher. Menganut desain unibody, baterai Jade tidak dapat Anda lepas. Akibatnya slot kartu SIM dan microSD kini harus berpindah ke ruas kiri.

Sedangkan tombol pengaturan volume diletakkan di ruas kanan. Tombol power dan port audio dapat Anda temui di bagian atas. Sementara untuk port micro USB, Acer meletakkannya di bagian bawah.


Display

Layar sentuh IPS LCS touchscreen, 16 juta warna, 720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density)

Dengan penampang layar 5 inci, Acer menggunakan layar IPS dengan resolusi 720p HD yang memiliki kerapatan piksel sekitar 294 ppi. Sama seperti layar E700, layar Jade sanggup menerima input sentuh sebanyak lima titik dan juga sentuhan jari dari balik sarung tangan.

Acer juga membekali Jade dengan fitur live screen yang memungkinkan pengguna berbagi konten dengan ponsel Acer lain yang berada dalam satu jaringan Wi-Fi. Anda juga dapat menyelesaikan kreasi secara bersama-sama dari ponsel yang berbeda baik untuk keperluan kerja atau sekadar hiburan.

Dengan penampang layar yang lebar, Acer juga membekali Jade dengan lapisan antigores Gorilla Glass 3. Performa Jade dibawah terik sinar matahari juga tak terlalu istmewa meski sudah dibekali dengan autobrightness.


Hardware

Prosesor Quad-core 1.3 GHz, MTK 6582, Mali- 400MP2 GPU, RAM: 2GB, Internal Storage: 16GB, baterai 2100 mAh

Dibanderol seharga tiga jutaan, Acer menggunakan dapur pacu MTK 6582 yang sanggup melaju dengan kecepatan 1.3GHz. Dengan bekal RAM 2GB, Jade sanggup menjalankan aplikasi dengan lancar. Sementara untuk urusan grafis, Acer mempercayakannya pada GPU Mali-400MP2.

Dengan bekal ruang penyimpanan hingga 16GB yang menyisakan ruang hingga sekitar 11GB, pengguna tetap dimanjakan dengan kehadiran slot kartu memori yang sanggup membaca kartu dengan kapasitas maksimal 32GB. Sayang sekali konsumsi daya yang besar tidak diimbangi dengan baterai yang hanya berkapasitas 2100mAh.

Beralih pada kinerja ponsel, Antutu Benchmark yang PULSA gunakan untuk mengukur performa Jade berhasil mengumpulkan skor 17990 yang menempatkannya di posisi terbawah. Sementara dengan Quadrant Standard diperoleh skor 7096. Sedangkan kinerja grafis miliknya cukup tinggi pada angka 54.1 frame perdetik saat diuji dengan Nenamark2.

Perbandingan Hasil Benchmark


Software

AcerFloat UI, LiveScreen, Wireless Display, Evernote, Moodagent, Movie Studio, Back up and restore, Skitch, polaris Office, Barcode Scanner.

Bermodalkan prosesor quad core, Acer yang sudah dibekali platform Android KitKat juga sudah dibekali dengan antarmuka Float UI. Antarmuka tersebut memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa aplikasi yang meliputi kamera, note, kalkulator, map, memo, browser dan stop watch secara bersamaan dalam jendela kecil yang melayang. Float UI dapat Anda akses dari tombol task switcher yang ada dibawah layar.

Jika Anda ingin meminjamkan ponsel kepada anak, Anda juga dapat menggunakan quick mode. Selain untuk buah hati Anda, quick mode juga menyediakan antarmuka untuk pengguna lanjut usia, mode klasik dan juga mode keypad.

Agar aktivitas Anda dalam berkomunikasi tetap lancar, Acer juga menyematkan Float Caller yang memastikan panggilan telepon yang masuk tidak akan menginterupsi aktivitas Anda dalam bermain game atau menjalankan aplikasi.

Beralih ke aplikasi, pengguna dapat mengedit dan membuat dokumen baru dengan Polaris Office. Anda juga dapat mengontrol Jade dari layar PC via kabel USB atau wireless menggunakan AcerEXTEND. Sementara dengan Acer SnapNote, pengguna dapat mengedit foto atau gambar.


Internet dan Konektifitas

Quad band GSM(850/900/1800/1900); HSDPA 1900 / 2100 MHz; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Display, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, micro USB 2.0

Dengan dua slot kartu nano SIM yang ada, pengguna bebas memilih paket layanan komunikasi dan data yang pas dengan kebutuhan dan kantong Anda. Pemilihan kartu nano SIM disini sebetulnya kurang tepat mengingat jenis kartu SIM paling kecil ini boleh dibilang masih sangat langka di pasaran. Untuk menjelajah internet dapat menggunakan browser bawaan atau Chrome yang sudah langsung tersemat didalamnya.

Untuk pilihan transfer data selain menyediakan Bluetooth, Anda juga dapat menggunakan kabel data serta wireless display. Fungsi wireless display milik Jade sebetulnya mirip dengan fungsi DLNA yang memungkinkan seluruh tampilan ponsel ditransfer ke monitor atau proyektor yang terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama.


Kamera

Kamera Belakang: 13MP (4160 x 3120 piksel) with f1.8 apperture, autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR; Kamera Depan: 1.9MP; Video: 720p@30fps,

Untuk mengabadikan gambar, Acer mempersenjatai Jade dengan kamera berkekuatan 13 megapiksel yang dilengkapi mode HDR, Smile shutter, panorama, beautification, best shot hingga bright magic. Dengan apperture 1.8, Anda dapat mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya dengan kualitas yang baik serta noise yang jauh lebih sedikit.

Selain kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel, Acer juga membekali Jade dengan kamera depan 2 megapiksel tanpa lampu kilat. Sudut bidik yang lebih lebar memungkinkan pengguna untuk mengabadikan tidak hanya dirinya sendiri namun juga pemandangan yang ada pada lingkungan sekitarnya.

Beralih ke perekam video, Anda dapat mengabadikan momen dalam resolusi Full HD berkecepatan 30 frame perdetik. Untuk durasi 18 detik, Anda mendapatkan video dengan ukuran sebesar 36.71MB dalam format 3gp. Kamera bagian depannya juga sanggup mengambil video dengan resolusi 720p.

Hasil Kamera


Multimedia

Audio: AAC, FLAC, M4A, MP3, WAV, WMA; Video: 3GP, FLV, MKV, MP4, WMV

Google Play Musik milik Jade sudah dilengkapi dengan DTS-HD premium sound yang menghadirkan kualitas suara yang menjanjikan. Ada 4 setting yang bisa Anda atur meliputi Treble, Bass, Music equalizer dan video equalizer. Dalam paket penjualannya juga sudah disertai earset yang dapat dipakai untuk menangkap siaran radio FM.

Selain fasilitas audio yang memuaskan, Acer juga membekali Jade dengan pemutar video yang dilengkapi dengan equalizer untuk kategori drama, action, MTV dan flat. Meski untuk memainkan video Anda hanya dapat melalui galeri, namun Anda tetap dapat menikmati fitur live video thumbnail. Sayangnya Acer tidak memberikan dukungan multitasking pada pemutar videonya.


Kelebihan:

• AcerFloat UI
• DTS-HD Premium
• Kamera berfitur lengkap
• Layar Gorilla Glass 3

Kekurangan:

• Slot kartu nano SIM
• Modul kamera menonjol rawan gores
• Kapasitas baterai kecil

Kesimpulan

Mengusung desain ramping dan tipis, Liquid Jade adalah smartphone dengan fitur yang tergolong lengkap. Dibanderol tiga jutaan, Jade dipersenjatai dengan kamera 13 megapiksel f/1.8 yang dijejali dengan beragam fitur dan setting yang melimpah. Mengandalkan sistem operasi Android KitKat yang dipoles dengan AcerFloat UI, Acer berhasil menyuguhkan kemampuan multitasking yang mumpuni. Sayangnya bodi tipis yang diusung ternyata harus mengorbankan kapasitas baterai yang dimiliki.
(Galing Kusumojati) @redaksipulsa

Tagged under: acer liquid jade, smartphone, quad core, acer, android
Tabloid Pulsa Latest Review

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!!


by Sharp Coders