Home » Gadget » Review: AccessGo 4E, Quad Core Bukan Murahan

Review: AccessGo 4E, Quad Core Bukan Murahan

Bicara ponsel pintar murah dengan kemampuan prosesor yang mumpuni, nampaknya akan selalu mengarah ke produk-produk sejutaan. Karena di angka itu, kita bisa mendapatkan sebuah ponsel murah dengan prosesro empat inti. Menarik bukan? Salah satunya adalah AccessGo 4E. Produk baru dari sebuah vendor local baru. Namun demikian produk yang dibawa bukanlah produk murahan, karena ia merupakan hasil rangkai vendor asal Cina, ZTE.

Baca juga:
Access Go, Smartphone Pendukung Ibadah

AccessGo 4E merupakan smartphone Android yang masuk pasar Indonesia sekitar Oktober 2014. Ponsel Quad Core satu ini sudah dijejali OS Android Android 4.4 dan fitur konektifitas NFC.

Desain

Dimensi: 136.8 x 66.9 x 9.75mm, 500gram; multi touchscreen; port audio 3.5mm; tombol power/lock, pengatur volume; lubang mic; port microUSB;

Accessgo 4E berbalut warna hitam pekat (dop) dari depan hingga belakangnya. Ponsel satu ini cukup kokoh digenggaman, bahkan cenderung terasa agak berat bila dilihat dari dimensinya.

Meski begitu, cashing belakangnya mudah saat dilepas. Tombol power/lock diletakkan disisi kanan sedangkan pengatur volume disisi kirinya. Port audio dan port USB atau charging berada disisi atas.

Tampak depan, bagian kiri atas terdapat kamera sekunder dengan sensor dan lubang speaker disampingnya. Sedangkan pada sisi belakang terdapat kamera dan LED flash yang diletakkan dibagian tengah atas dengan tulisan 'accessgo' dibawahnya.


Display

Layar sentuh OGS capasitive touchscreen qHD (540 x 960 pixels) 16 juta warna, 4.5 inci ; ~240 dpi

Dengan resolusi qHD sebenarnya ponsel ini tetap mampu menghadirkan kualitas warna dan gambar yang cukup. Hanya saja screen guard nya yang terkesan jelak dan mudah tergores membuatnya tidak enak dipandang. Belum lagi permukaan layar yang terasa kesat membuatnya kurang nyaman saat dioperasikan.

Kerapatan layar Accessgo 4E hanya mencapai maksimal ~240 dpi yang tergolong standar. Meski begitu, saat dioperasikan respon layar sentuh dari ponsel ini cukup bagus dan tidak mengecewakan. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya juga tidak terlihat jeda.

Pengujian layar multi sentuh menggunakan Antutu Tester, didapat hasil 5 sentuhan secara bersamaan.


Sistem Operasi dan UI

Android OS, v4.4.2 (KitKat)

Ponsel ini sudah menggunakan OS Android 4.4 Kitkat yang dipercaya mampu menghadirkan performa yang lebih handal, hemat baterai, fitur terbaru serta keyboard emoji yang membuat aktifitas chatting semakin seru.

Secara tampilan, terlihat standard tanpa UI khusus yang menarik. Tray notifikasi hanya menampilkan notifikasi serta beberapa tombol virtual yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitur seperti WiFi, sambungan data operator, rotasi otomatis layar, bluetooth dan sebagainya. App drawer tampil dengan membagi sajian atas aplikasi dan widget.


Hardware dan Benchmark

Prosesor MT6582 Quad Core 1,2 GHz Cortex-A7; Mali-400; RAM 1 GB, Internal Storage: 4GB, external: up to 32GB, Baterai Li-Polymer 1.700 mAh; Sensor accelerometer, Proximity, Light, Orientation, Magnetometer

Untuk hardware, Accessgo 4E hanya menggunakan prosesor quad core 1,2 GHz dengan dukungan pengolah grafis Mali-400. Namun spesifikasi ini masih mampu memberikan kinerja dan tampilan yang cukup saat browsing, chatting, maupun menonton video. Mencoba game Nitro Nation, ponsel ini agak tersendat dalam grafis.

Dengan internal storage yang hanya 4GB (hanya sekitar 2GB yang tersisa), pastinya Anda sangat bergantung dengan tambahan microSD bila masih ingin menginstal aplikasi atau game tambahan yang memakan storage besar. Untuk asupan daya, ponsel ini menggunakan baterai dengan kapasitas 1.700 mAh yang terasa pas-pasan.

Untuk perhitungan benchmark digunakan aplikasi Antutu Benchmark dan Quadrant Standart. Menggunakan Antutu Benchmark didapat angka 18.718. Sedangkan dengan Quadrant Standart didapat angka 6.989 yang menempatkannya berada pada posisi teratas melewati HTC One X atau Asus Transformer Prime.

Perbandingan Hasil Benchmark


Multimedia

Audio: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA; Video Playing Format: MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV, WEBM;

Untuk urusan multimedia, ponsel ini menyediakan audio dan video player yang standard bawaan Google. Tapi jangan khawatir, sebab puluhan atau mungkin ratusan aplikasi multimedia dari Google Play dapat Anda tambahkan agar dapat memainkan beragam format file.

Aplikasi multimedia lain adalah radioFM. Aplikasi radioFM ini mendukung RDS dengan fitur perekaman radio. Selain itu, untuk suara masih ada aplikasi perekam suara. Accessgo 4E menyertakan fitur standard pengaturan suara equalizer.


Kamera dan Video

Kamera belakang 5,0 MP (3072×1728 pixels), auto focus, LED flash, geo-tagging, touch focus, HDR, face/smile detection; Kamera depan 2.0 MP;

Menggunakan kamera belakang 5 megapiksel yang dirasa cukup untuk sekedar mengabadikan momen penting. Sedangkan untuk kamera depan ponsel ini menggunakan resolusi 2,0 megapiksel. Kualitas hasil foto yang didapat masih dapat disempurnakan dengan pengolah image yang terdapat didalamnya. Atau Anda dapat memanfaatkan fitur HDR yang mampu menangkap objek tidak bergerak dengan lebih baik. Fitur tambahan yang juga masih melekat adalah LED flash dan geo-tagging.

Hasil Kamera


Internet dan Konektifitas

Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G 900 / 2100, HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps; Dual SiM MicroSIM ; Location Technology: GPS; WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi HotSpot, Bluetooth, microUSB v2.0, NFC

Di sektor konektifitas, pengguna masih disajikan pilihan lumayan lengkap seperti 3G dan NFC. Untuk koneksi ke PC, dalam paket penjualan telah disertakan kabel data yang terpisah dengan kabel charger.

Pengujian menggunakan Google Maps berjalan sangat lancar termasuk aplikasi navigasi serta fitur tambahannya.


Fitur Tambahan

Fitur Slank, Skye Mobile Money, Accessgo,

Memiliki fitur khusus "Slank", yang memungkinkan Anda para Slankers dapat mengakses berbagai lagu Slank secara langsung. Dengan fitur ini, Anda dapat menonton video ataupun mendengar lagu Slank kesayangan Anda langsung dari smartphone.


Kelebihan:
• qHD OGS
• Android KitKat
• 3G

Kekurangan:
• Layar
• Storage kecil
• Baterai

Kesimpulan:

Bila melihat prosesor yang diusung sebenarnya ponsel ini sudah memadai. Hanya saja layar (screen guard) yang gampang tergores membuat kit aharus berhati-hati saat menggunakannya. Dengan UI standard dan storage sisa yang pas-pasan juga membuatnya menjadi ponsel untuk pemula. Namun dengan banderol harga yang ditawarkan, ponsel ini masih diatas rata-rata bila dibandingkan ponsel lokal yang sebelumnya sudah eksis. Gak percaya? Bandingkan saja.

Aldrin Symu

Tagged under: accessgo 4e, quad core, accessgo, android
Tabloid Pulsa Latest Review